Dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti sekarang ini, seakan menuntut
kita untuk memperbaiki segala bidang dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan tugasnya, dan
juga dengan kecepatannya, teknologi menawarkan efisiensi dan efektifitas dalam
bekerja. Disamping itu, teknologi dapat meningkatkan derajat seseorang, lembaga
maupun instansi yang menggunakannya. Mereka akan terkesan high tech dibandingkan yang tidak menggunakan teknologi.
Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menganalisis Kartu Rencana
Studi di STMIK Duta Bangsa Surakarta yang sampai detik ini masih menggunakan
sistem manual. Ironisnya, dikampus lain yang sebenarnya bukan kampus berbasis
IT kini telah menggunakan sistem KRS on line,
sistem yang lebih canggih. Selanjutnya kami akan menganalisis kedua sistem
tersebut, sistem KRS manual (dalam pengisian dan penanda tanganan) sebagai
sistem lama dan sistem KRS on line
dan finger print sebagai sistem baru.
1.
PERFORMANCE
(ANALISIS KINERJA)
Sistem baru
Pada sistem on line, mahasiswa
dapat dengan mudah mengakses situs yang disediakan pihak kampus, kemudian
mengisi KRS dengan menentukan apa saja mata kuliah dan jumlah SKS yang diambil.
Dengan menggunakan teknologi finger
print mahasiswa dan dosen tidak perlu tanda tangan pada setiap pertemuan.
Cukup dengan mengarahkan jari tangan pada alat finger print untuk membuktikan kehadiran.
Sistem lama
Pengisian KRS dengan sistem manual kurang merepresentasikan jati diri
STMIK Duta Bangsa sebagai kampus IT. Selain itu, mahasiswa harus datang ke
kampus untuk mengisi KRS. Jika ada mahasiswa yang tidak hadir saat hari
pengisian KRS, mahasiswa tersebut harus datang ke kampus dihari yang lain dan
menemui Pembimbing Akademik.
Penandatanganan KRS oleh dosen dapat dimungkinkan terjadi kecurangan oleh
mahasiswa yang bolos tetapi titip KRS kepada teman.
2.
INFIRMATION
(ANIALISIS INFORMASI)
Sistem baru
Dengan sistem baru mahasiswa dapat dengan cepat dan mudah mengakses
informasi. Dapat dilakukan dengan memanfaatkan hotspot area, warnet, modem dan
lain senagainya.
Sistem lama
Terkadang informasi tentang hari pengisian KRS simpang siur. Sehingga
ketika ada beberapa mahasiswa yang tidak hadir harus menghubungi PA untuk
mengisi KRS.
3.
ECONOMY
(ANALISIS EKONOMI)
Sistem baru
Sistem ini lebih hemat bagi mahasiswa karena tidak perlu menyiapkan
ongkos untuk pergi ke kampus, terutama bagi mahasiswa yang domisilinya jauh
dari kampus.
Dengan sistem finger print,
mungkin lebih mahal dibanding dengan menggunakan sistem manual, namun kemungkinan ini harus diperhitungkan dengan
metode tertentu.
Sistem lama
Mahasiswa harus hadir dikampus saat pada hari pengisian KRS yang sudah
ditetapkan. Itu berarti mahasiswa harus menyiapkan biaya ongkos untuk pergi ke
kampus. Ongkos tersebut lebih besar dibandingkan dengan biaya untuk on line beberapa menit di warnet.
4.
CONTROL
(ANALISI KEAMANAN/SECURITY)
Sistem baru
Dengan sistem KRS on line
keamanan mudah dikontrol sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
Namun, memungkinkan terjadinya tindak kejahatan cyberccrime.
Finger print memudahkan dalam
kontrol karena kemungkinan kecurangan sangat kecil. Mahasiswa atau dosen yang
tidak hadir tidak dapat memanipulasi kehadiran.
Sistem Lama
Kontrol kemanan pada sistem lama kurang dapat dikontrol dengan baik.
Karena dengan pengisian secara manual memungkinkan terjadinya human error. Bisa
terjadi karena mahasiswa kurang lengkap dalam pengisian KRS. Atau kesalahan
administrator yang keliru saat memasukkan data.
Kontrol dalam penandatanganan KRS sulit dilakukan jika dosen tidak
teliti. Karena bisa saja mahasiswa yang tidak hadir menitipkan KRS pada
temannya.
5.
EFFICIENCY
(ANALISIS EFISIENSI)
Sistem Baru
Dengan menggunakan sistem KRS on line maka akan memudahkan bagi mahasiswa
dalam pengisian KRS, yaitu tidak terbatasnya jarak dan waktu, lebih efektif,
efisien serta hemat.
Sistem Lama
Apabila menggunakan sistem KRS manual maka lebih banyak waktu dan biaya
yang di habiskan. Serta terbatasnya jarak untuk menempuh perjalanan ke kampus.
Sehingga tidak efisien dan efektif dalam sistem KRS manual tersebut.
6.
SERVICE
Sistem Baru
Pelayanan dalam KRS on line ini
lebih cepat, serta dapat menerapkan costumer
relationship management.
Sistem Lama
Sistem menghasilkan informasi produk yang kurang akurat dan tidak
konsisten, serta dalam sistem KRS manual tidak
dapatnya di terapkan costumer
relationship management.
KESIMPULAN
SISTEM LAMA
|
SISTEM BARU
|
|
PERFORMANCE
|
·
Proses pengisian KRS lama
·
Setelah KRS jadi, setiap ada perkuliahan dosen
harus menandatangani KRS satu per satu
|
·
Pengisian KRS lebih cepat karena mahasiswa
cukup mengakses situs dari kampus dan mengisikan data yang dibutuhkan
·
Dengan finger
print dosen tidak perlu menandatangani KRS setiap siswa pada tiap
perkuliahan.
|
INFORMATION
|
·
Informasi tentang hari pengisian KRS terkadang
simpang siur
·
Ketika ada mahasiswa yang tidak kadir saat
hari pengisian KRS, maka harus menghubungi PA
|
·
Informasi dapat diakses dengan cepat melalui
internet.
·
Batas paling lambat pengisian KRS on line lebih lama dibanding dengan
pengisian KRS manual.
|
ECONOMY
|
·
Mahasiswa harus merogoh kocek untuk pergi ke
kampus, padahal ada mahasiswa yang berdomisili jauh dari kampus
·
Penandatanganan KRS pada tiap perkuliahan
lebih murah.
|
·
Lebih ekonomis, karena mahasiswa tidak perlu
mengeluarkan uang transport untuk pergi ke kampus.
·
Sistem dengan finger print lebih mahal, namun hal ini perlu dibuktikan dengan
metode perhitungan tertentu.
|
CONTROL
|
·
Pengisian manual memungkinkan terjadi human
error
·
Tingkat kecurangan dalam penandatanganan KRS
lebih tinggi
|
·
Lebih mudah dikontrol, sehingga dapat membantu
pengambilan keputusan
·
Rentan terhadap tindak kejahatan cybercrime
·
Finger
print memudahkan kontrol karena mahasiswa tidak mungkin dapat menitip
absen kepada temannya
|
EFFICIENCY
|
·
Waktu dan biaya yang dikeluarkan lebih banyak
·
Terbatasnya jarak dan waktu
|
·
Tidak terbatas jarak dan waktu
·
Lebih efektif, efisien dan hemat
|
SERVICE
|
·
Sistem menghasilkan informasi produk yang
kurang akurat dan tidak konsisten
·
Tidak dapatnya di terapkan costumer relationship management.
|
·
Pelayanan dalam KRS on line ini lebih cepat
·
Dapatnya di terapkan costumer relationship management.
|
0 comments:
Post a Comment